Kamis, 02 April 2020

CONTOH salah satu RPP 1 Lembar (Terbaru)


ENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
IPK: 3.3.4/IPK 4.3.5

Sekolah                  : SMP Negeri 1 Koto Kampar Hulu
Mata Pelajaran       : IPS        Kelas/Semester         :  VII ( tujuh )/Genap
Sub Materi Pokok   : Kegiatan Produksi
Alokasi Waktu       : 4 x 40 menit (2 x Pertemuan)

TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui model Discovery Based Learning peserta didik diharapkan mampu menganalisis kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, dan konsumsi) kaitannya dengan perkembangan IPTEK serta menyajikan contoh kegiatan ekonomi yang berkaitan dengan IPTEK.

KEGIATAN PEMBELAJARAN        Pertemuan ke-4
Kegiatan/
Sintaks
Deskripsi Kegiatan
PPK
Waktu
Pendahuluan
a)   Mengucapkan salam, mengecek kebersihan kelas, berdoa, menyanyikan lagu nasional, dan absensi.
b)   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
c)   Memberikan stimulus kepada peserta didik dengan menayangkan video dan gambar tentang dinamika ekonomi indonesia. Kemudian merangsang peserta didik untuk bertanya atau memberikan pertanyaan seputar video yang telah tayangkan tersebutMisalnya: (4Cs: Creativity Thinking an Innovation)
·         Mengapa perubahan itu terjadi?
·         Apa pengaruh positif dan negatif dari IPTEK mengenai perubahan ekonoomi!
·         Apa yang kalian ketahui tentang Online Shoping?
·         Apa peran Online Shopping terhadap kelangsungan kegiatan ekonomi?

Religius
Nasionalis
Peduli lingkungan
10 menit
Kegiatan Inti
Tahap – 1
Orientasi peserta didik pada masalah


LITERASI

4Cs

HOTS
Creativity Thinking and innovation
a)       Guru meberikan konsep dan gambaran umum mengenai iptek,ekonomi serta pengaruhnya dalam kehidupan.
b)      Setelah anak cukup faham tentang konsepnya, guru membentuk kelompok dan memberikan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) kepada masing-masing kelompok.
c)       Peserta didik memahami dan mulai berdiskusi dengan teman kelompok.
Rasa ingin tahu

Berpikir kreatif

10’
Tahap – 2
Mengorganisasi peserta didik
Collaboration
Tugas (LKPD) yang diberikan kepada peserta didik berbeda disetiap kelompok.
Kerjasama
5’
Tahap – 3
Membimbing peyelidikan
Critical Thinking and Problem Solving
Guru mendorong peserta didik untuk mengumpulkan data dan informasi terkait pengaruh IPTEK dalam  kegiatan ekonomi serta membantu untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah.
Berpikir kritis
20’
Tahap – 4
Mengembangkan hasil karya
Collaboration
a)    Masing-masing kelompok mengumpulkan informasi atau bahan baik dari buku, modul, atau internet terkait dalam pemecahan masalah dalam LKPD.

Berpikir kreatif
20
Tahap – 5
Menganalisis
& menyajikan mengevaluasi proses pemecahan masalah
Communication
a)       Setelah waktu habis, guru mempersilahkan kepada Masing-masing kelompok untuk menampilkan hasil diskusinya dan kelompok yang lain saling bertanya dan berdiskusi untuk menyatukan pemahaman.
b)      Guru memberikan apresiasi kepada peserta didik jika berhasil menyajikan serta menjawab dengan benar permasalahan dalam diskusi.
c)       Guru memberikan koreksi jika terdapat kekeliruan serta memberikan penguatan jika hasil diskusinya benar.
d)      Guru bersama peserta didik melakukan refleksi dan menyimpulkan materi terhadap hasil pemecahan masalah yang telah dilakukan.

Komuni-
katif
10’
Penutup
1.     Guru memberikan Post Tes berupa soal Essay kepada peserta didik.
2.     Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
3.     Peserta didik mengucapkan salam penutup kepada gurunya.
Mandiri
Kreatif
Religius
15

PENILAIAN
Penilaian Sikap: Observasi/Jurnal;  Penilaian Pengetahuan:  tes essay;
Penilaian Keterampilan:  Unjuk Kerja, kegiatan diskusi dan presentasi
Mengetahui,                                                                                               Tanjung 12 Maret 2020
Kepala, SMPN 1 KOTO KAMPAR HULU                                                           Guru Mata Pelajaran,


            Zamra, S.Pd                                                                                                   Wasriono, S.Pd
NIP. 197205262007011003                                                                                  NIP. 199001262019031002