ENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
IPK: 3.3.4/IPK 4.3.5
Sekolah :
SMP Negeri 1 Koto
Kampar Hulu
Mata Pelajaran : IPS Kelas/Semester : VII (
tujuh )/Genap
Sub Materi Pokok : Kegiatan Produksi
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2 x Pertemuan)
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui
model Discovery Based Learning
peserta didik diharapkan mampu menganalisis
kegiatan
ekonomi (produksi, distribusi, dan konsumsi) kaitannya dengan perkembangan
IPTEK serta menyajikan contoh
kegiatan ekonomi yang berkaitan dengan IPTEK.
KEGIATAN PEMBELAJARAN Pertemuan ke-4
Kegiatan/
Sintaks
|
Deskripsi Kegiatan
|
PPK
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
a) Mengucapkan salam, mengecek kebersihan kelas,
berdoa, menyanyikan lagu nasional, dan absensi.
b) Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
c)
Memberikan stimulus
kepada peserta didik dengan menayangkan video dan gambar tentang dinamika ekonomi
indonesia. Kemudian merangsang peserta didik untuk bertanya atau memberikan
pertanyaan seputar video yang telah tayangkan tersebutMisalnya: (4Cs: Creativity Thinking an Innovation)
·
Mengapa
perubahan itu terjadi?
·
Apa pengaruh
positif dan negatif dari IPTEK mengenai perubahan ekonoomi!
·
Apa yang
kalian ketahui tentang Online Shoping?
·
Apa
peran Online Shopping terhadap
kelangsungan kegiatan ekonomi?
|
Religius
Nasionalis
Peduli lingkungan
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
Tahap – 1
Orientasi peserta didik pada masalah
LITERASI
4Cs
HOTS
|
Creativity
Thinking and innovation
a)
Guru meberikan konsep dan gambaran umum mengenai iptek,ekonomi serta
pengaruhnya dalam kehidupan.
b)
Setelah anak cukup faham tentang konsepnya, guru membentuk kelompok dan
memberikan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) kepada masing-masing kelompok.
c)
Peserta didik memahami dan mulai berdiskusi dengan teman kelompok.
|
Rasa ingin tahu
Berpikir kreatif
|
10’
|
Tahap – 2
Mengorganisasi peserta didik |
Collaboration
Tugas
(LKPD) yang diberikan kepada peserta didik berbeda disetiap kelompok.
|
Kerjasama
|
5’
|
Tahap – 3
Membimbing peyelidikan |
Critical
Thinking and Problem Solving
Guru mendorong peserta didik untuk mengumpulkan data
dan informasi terkait
pengaruh IPTEK dalam kegiatan ekonomi serta membantu untuk
mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah.
|
Berpikir kritis
|
20’
|
Tahap – 4
Mengembangkan hasil karya |
Collaboration
a)
Masing-masing
kelompok mengumpulkan informasi atau bahan baik dari buku, modul, atau
internet terkait dalam pemecahan masalah dalam LKPD.
|
Berpikir kreatif
|
20’
|
Tahap – 5
Menganalisis & menyajikan mengevaluasi proses pemecahan masalah |
Communication
a) Setelah waktu habis, guru
mempersilahkan kepada Masing-masing kelompok untuk menampilkan hasil
diskusinya dan kelompok yang lain saling bertanya dan berdiskusi untuk
menyatukan pemahaman.
b) Guru memberikan apresiasi kepada
peserta didik jika berhasil menyajikan serta menjawab dengan benar
permasalahan dalam diskusi.
c) Guru memberikan koreksi jika terdapat
kekeliruan serta memberikan penguatan jika hasil diskusinya benar.
d)
Guru bersama
peserta didik melakukan refleksi dan menyimpulkan materi terhadap hasil
pemecahan masalah yang telah dilakukan.
|
Komuni-
katif
|
10’
|
Penutup
|
1.
Guru memberikan Post Tes berupa
soal Essay kepada peserta didik.
2.
Menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
3.
Peserta didik
mengucapkan salam penutup kepada gurunya.
|
Mandiri
Kreatif
Religius
|
15
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap: Observasi/Jurnal; Penilaian
Pengetahuan: tes essay;
Penilaian Keterampilan: Unjuk Kerja, kegiatan diskusi dan presentasi
Mengetahui,
Tanjung 12 Maret 2020
Kepala, SMPN 1 KOTO KAMPAR HULU Guru Mata Pelajaran,
Zamra, S.Pd Wasriono, S.Pd
NIP.
197205262007011003 NIP. 199001262019031002